Kamis, 14 Juni 2012

"Sistem Informasi itu apa ???"


Apa ya Sistem Informasi itu ???
Kata-kata itulah yang dulu pernah ada dalam kepala saya, ketika saya baru pertama kali masuk jurusan Sistem Informasi di ITS...
Sekarang kita mulai saja membahas tentang Sistem, apa ya sistem itu ???


Sistem adalah beberapa komponen yang berkaitan satu sama lain yang memiliki tujuan yang sama atau ingin mencapai sesuatu yang sama (secara umum).

Komponen dari Sistem yaitu Input, Output, Proses dan Feedback. Feedback sangat berguna untuk mengubah aktivitas input ataupun proses agar menghasilkan output yang sempurna dan sesuai tujuan.

 
Sekarang yang Informasi, hayoo apa arti dari Informasi ???

Informasi adalah kumpulan dari fakta-fakta (data) yang memiliki arti lebih dibandingkan dengan pada saat data itu berdiri sendiri (masih membingungkan). Pokoknya Informasi itu lebih bermanfaat, atau lebih gampang dipahami dibandingkan data yg sendiri. Informasi yang sudah diolah menjadi
sebuah pemahaman, yang berguna untuk melakukan sesuatu yang lebih spesifik lagi itu bisa disebut dengan Knowledge.

Setelah Meninjau dari segi bahasa tadi kita dapat menyimpulkan suatu pengertian dari Sistem Informasi. Sistem Informasi adalah kumpulan dari komponen yang saling terkait dimana komponen-komponen tersebut bertugas dalam pengumpulan, pengolahan dan penyebaran sebuah data atau informasi. Sistem Informasi juga menerima Feedback untuk membantu tercapainya tujuan dari suatu aktivitas yang ada di dalamnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar