Kamis, 14 Juni 2012

"C.R.M"



C.R.M atauu Customer Relationship Management, adalah strategi perusahaan untuk mengetahui dan mempengaruhi tingkah laku pelanggan untuk meningkatkan dan mempertahankan kesetiaan (loyalitas) serta keuntungan yang didapatkan perusahaan tersebut dari pelanggan.


Ada 3 fungsi utama dalam CRM yaitu:
- Mendapatkan pelanggan yang menguntungkan sebanyak-banyaknya.
- Mempertahankan dan menggiatkan mereka (pelanggan).
- Menjual produk sebanyak-banyaknya kepada mereka (pelanggan).
Ketiga hal ini adalah hal yang sangat berkaitan dan harus dilakukan secara berurut.


Dalam CRM dikenal istilah Pelanggan Loyal, pelanggan yang setia terhadap sebuah perusahaan. Bahasa asingnya “Langganan”. Mendapatkan pelanggan seperti ini tentu hal yang mudah dilakukan. Sebuah perusahaan harus melalui 3 tahap agar mendapatkan pelanggan loyal, yaitu dengan cara Get, Keep dan Grow.

Get diterapkan dengan mencari pelanggan terlebih dahulu sehingga perusahaan dapat menjual produknya dan terjadi transaksi. Jika kita telah sering melakukan transaksi dengan mereka, maka akan timbul sebuah hubungan dan akan berdampak kepada pesanan atau pembelian yang banyak.
 lalu
Keep terhadap konsumen tersebut dengan menjaga hubungan baik dengan mereka.
 setelah itu
Grow dapat segera diimplementasikan dengan berbagai cara seperti menawarkan produk-produk special kepada mereka, ataupun produk tertentu sesuai pesanan. Dengan adanya pelanggan loyal ini tentu perusahaan akan sangat diuntungkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar