Kamis, 14 Juni 2012

"Specialized Information System"

http://www.ulyssys.rs/eng/images/kep.png 


Pada saat membuka halaman beranda Facebook, pada kolom sebelah kanan biasanya muncul sebuah saran, atau biasa kita lihat dengan judul "Teman yang mungkin Anda kenal". Kadang-kadang saran dari Facebook itu mempertemukan kita dengan teman asli yang kita cari-cari dan belum ada dalam friend list kita. Tidak jarang juga saran tersebut salah atau orang yang disarankan itu tidak kita kenal sama sekali. Sebenarnya bagaimana cara kerja dari saran tersebut?

Fitur saran atau Suggestion ini merupakan implementasi dari Specialized Information System. Sistem informasi ini memang khusus, tugasnya lebih spesifik dan tidak semua lembaga atau instansi menggunakannya.
Contoh lain dari Specialized Information System ialah analisa sidik jari (fingerprint), ada pula face detector yang dapat mengenali wajah atau barcode yang sering kita lihat pada barang-barang di pusat-pusat perbelanjaan.



Kembali bahas fitur Suggestion yuk. Sebenarnya fitur ini tidak hanya digunakan di facebook saja, situs-situs Raksasa lainnya pun tidak kalah dalam penerapan teknologi ini.
Ayo lihat Youtube yuk, jika kita melihat sebuah video tertentu maka di sampingnya ada ber-deret video lain yang related (berhubungan). Youtube bisa saja mengenali itu lewat tags yang ada di tiap video ataupun judul video yang hampir mirip.


Lain lagi dengan amazon.com, salah satu situs jual beli terbesar di dunia yang menyediakan berbagai kebutuhan anda di dunia maya. Dalam web ini, fitur suggestion juga diterapkan dan sangat penting manfaatnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar